Kerjasama tim yang baik dapat terbentuk jika semua anggota tim yang berpartisipasi dapat menjalankan perannya dengan baik dan benar. Namun perlu diingat bahwa setiap anggota tim memiliki kelebihan dan kekurangan serta pengalaman kerja yang berbeda-beda, sehingga diperlukan strategi yang solid agar pekerjaan dapat berjalan dengan lancar.

Dalam artikel Koneksi Group ini, akan membagikan tips yang dapat Anda praktikkan untuk menciptakan kerja tim yang hebat. Mau tahu apa saja tipsnya? Mari kita lihat dari poin pertama.

  1. Struktur Tim yang Kuat dengan Keragaman

Koordinasi, jumlah anggota yang tepat, pembagian tugas yang merata, dan aturan yang tegas untuk mencegah perilaku destruktif diperlukan untuk mendorong tenaga kerja yang positif.

Tidak setiap individu membutuhkan keterampilan sosial dan teknis khusus. Prioritaskan keragaman pengetahuan dan perspektif, serta perbedaan usia, ras, dan jenis kelamin untuk membuat tim Anda lebih kreatif dan menghindari pemikiran kelompok.

Groupthink adalah suatu kondisi di mana sekelompok orang membuat keputusan yang buruk karena tekanan psikologis dari masing-masing individu untuk mengikuti pendapat pemimpin dan anggota lainnya. Jangan sampai hal seperti ini terjadi.

  1. Ada Tantangan yang Memotivasi

Tim yang hebat memiliki platform yang dapat menyalurkan energi, memimpin, dan melibatkan tim. Ketika sebuah tim tidak tahu apa yang sebenarnya mereka lakukan dan tidak memiliki tujuan yang jelas, kemungkinan besar mereka akan kehilangan motivasi. Oleh karena itu, sebuah tim harus menghadapi tantangan yang memotivasi, tetapi tidak terlalu sulit untuk diajak bekerja sama agar tidak menimbulkan perasaan putus asa.

Selain itu, setiap anggota tim juga harus mengetahui apa tujuannya, apakah ia ingin menerima imbalan seperti bala bantuan, gaji dan promosi serta kepuasan dan kebahagiaan karena telah melakukannya.

  1. Mengembangkan Pola Pikir Bersama

Dulu, sebuah tim biasanya terdiri dari sekelompok anggota yang cukup kompak, bekerja tatap muka dan cenderung memiliki pola pikir yang sama. Namun, hal ini tidak lagi terjadi di masyarakat saat ini, di mana orang cenderung menganggap diri mereka bukan sebagai kelompok yang kohesif, tetapi sebagai sejumlah kelompok yang lebih kecil. Hal ini dapat terjadi karena jarak, keragaman dan komunikasi digital.

Sebagai seorang pemimpin, Anda harus mengembangkan identitas dan pemahaman bersama untuk menciptakan pola pikir bersama di antara anggota tim. Mengembangkan pola pikir ini membantu Anda dan anggota tim Anda mencapai tujuan bersama.

  1. Hanya Menambah Anggota Tim Jika Diperlukan

Sebuah kelompok besar dengan jumlah anggota yang banyak rentan terhadap miskomunikasi. Juga, dari segi biaya, akan lebih tinggi bila ia mempekerjakan lebih banyak orang untuk meningkatkan dukungan untuk posisi, departemen, dan fungsi yang berbeda.

Sebagai seorang pemimpin, Anda perlu berpikir dua kali jika ingin menambah anggota tim. Sebelum membuka lowongan untuk anggota baru, pertimbangkan nilai unik apa yang akan mereka bawa ke tim?

  1. Memberi Dukungan dari Banyak Segi

Kiat selanjutnya untuk membangun kerja tim yang hebat adalah memberikan dukungan yang tepat untuk meningkatkan efektivitas tim. Ini termasuk memberikan dukungan melalui sistem penghargaan untuk memperkuat kinerja, sistem informasi yang menyediakan akses ke data yang dibutuhkan untuk pekerjaan, dan sistem pendidikan yang menyediakan pelatihan. Ada juga dukungan dari segi sumber daya fisik yang dibutuhkan untuk memperlancar pekerjaan, seperti dukungan dana dan teknologi.

Meskipun tidak ada tim yang akan mencapai semua yang Anda inginkan, Anda sebagai pemimpin dapat mengatasi banyak masalah dengan meluangkan waktu untuk mempersiapkan hal-hal penting sejak awal.

Itu dia tips untuk membangun tim kerja yang hebat. Meskipun tidak mudah untuk menyatukan banyak orang teratas untuk mencapai tujuan yang sama, Anda masih dapat melakukannya dengan menggunakan pendekatan sistematis untuk menganalisis kekuatan tim dan mengidentifikasinya, serta mengidentifikasi perbaikan yang diperlukan. Semoga beruntung!