Bekerja di startup saat ini menawarkan peluang besar. Ada jenis pekerjaan tertentu yang selalu dibutuhkan di startup.

Meski saat ini banyak startup yang terkena masalah PHK massal. Namun, bukan berarti semua posisi dalam sebuah startup tidak penting. Ada beberapa posisi yang selalu dibutuhkan oleh startup. Apa saja posisi dan deskripsi pekerjaan yang lebih detail?

Yuk simak penjelasan 5 jenis pekerjaan yang selalu dibutuhkan oleh para startup.

  1. Data Analyst

Salah satu pekerjaan paling populer baru-baru ini adalah sebagai analis data. Bisa dikatakan analisis data merupakan pekerjaan yang sangat dibutuhkan oleh para startup.

Sederhananya, pekerjaan seorang analis data memiliki tanggung jawab dan kewajiban untuk menganalisis data dan menemukan informasi yang diperlukan untuk pertumbuhan bisnis.

Tidak hanya itu, data analyst juga harus mampu memvisualisasikan data yang telah diolahnya sehingga dapat dengan mudah dibaca oleh rekan-rekan yang membutuhkan.

Tentunya pekerjaan ini juga sangat menjanjikan untuk kedepannya, karena dapat dikatakan setiap perusahaan membutuhkan seorang data analyst untuk pertumbuhan perusahaan.

  1. Product Manager

Bekerja sebagai manajer produk mungkin tampak asing bagi Anda, atau mungkin Anda belum pernah mendengarnya sebelumnya. Padahal, posisi ini ada dan tentunya sangat diminati oleh perusahaan.

Posisi manajer produk sendiri bertanggung jawab atas desain strategi, visi, dan pengembangan produk yang diadakan.

Biasanya, seorang manajer produk tidak akan bekerja sendiri, mereka akan bekerja dalam tim dengan departemen yang berbeda seperti teknik dan pemasaran.

Tentu saja, perusahaan akan membutuhkan posisi manajer produk di masa depan. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa ini adalah posisi dengan potensi pengembangan yang menjanjikan di masa depan.

  1. Digital Marketing

Dapat dikatakan bahwa perkembangan internet dan teknologi memiliki pengaruh terhadap strategi bisnis suatu perusahaan. Tentu saja, ini juga mempengaruhi startup.

Posisi pemasaran digital itu sendiri adalah pekerjaan yang bertanggung jawab untuk memenuhi semua kebutuhan digital bisnis. Dari media sosial, content marketing, SEO, SEM, dan lainnya tentunya.

Tentu saja, posisi ini juga menawarkan peluang besar di masa depan. Memang, tempat pemasaran digital tentu penting untuk setiap bisnis.

  1. Sales Manager

Posisi sales manager tentunya merupakan posisi yang sangat dibutuhkan dalam sebuah perusahaan start-up. Bayangkan, tanpa seorang manajer penjualan, mungkin pekerjaan penjualan perusahaan Anda tidak akan bisa berjalan dengan baik.

Manajer penjualan sendiri memiliki berbagai tugas mulai dari memenuhi tujuan yang telah ditentukan hingga memastikan bahwa penjualan berjalan lancar bagi pelanggan tanpa hambatan.

Tentunya bisnis akan semakin mudah berkembang dengan adanya sales director yang membantu meningkatkan pendapatan bagi bisnis tersebut.

  1. UI/UX Design

Posisi desain UI/UX disebut-sebut memiliki potensi yang sangat besar dan diminati oleh kalangan bisnis, termasuk para startup.

Desain UI dan UX sering dianggap sebagai pekerjaan yang sama. Namun, pada kenyataannya, kedua posisi ini berbeda.

Perancang UI (User Interface) adalah orang yang bertanggung jawab untuk menciptakan tampilan perangkat lunak, situs web, hingga aplikasi yang indah dan nyaman.

Sementara itu, Desain UX (User Experience) adalah posisi yang bertanggung jawab untuk meningkatkan kepuasan pengguna saat mengakses perangkat lunak, situs web, dan aplikasi. Dapat dikatakan bahwa posisi ini juga menawarkan peluang besar di masa depan karena banyak perusahaan saat ini membutuhkan posisi ini untuk membantu meningkatkan kualitas yang mereka miliki dalam hal penampilan.

Nah, Anda sudah tahu pekerjaan yang selalu dibutuhkan oleh startup. Apakah Anda bekerja di salah satu dari 5 pekerjaan ini?